Selamat Datang di Website Dinas Perijinan Kabupaten Bantul
Kamis, 23 Oktober 2014
  Cek Status
No Pendaftaran
 
 
 
  Simpadu Online
  Pengaduan Online
  Simulasi Retribusi
 
  Jajak Pendapat
Apakah saudara menemui kesulitan saat mengurus perizinan :
Pengesahan Form Permohonan di Desa
Pengesahan Form Permohonan di Kecamatan
KRK dan Pengesahan Gambar di DPU
Pengeringan/Klarifikasi di BPN
Dokumen Lingkungan (SPPL, UKL/UPL) di BLH
Proses Penerbitan Izin di Dinas Perijinan
 
[ Lihat ]
@ 12 Februari 2012
 
 
  Menu Lainnya
  Forum Diskusi
  Hubungi Kami
  Download
  Galeri
 
  Pengunjung
 
Total Hit
: 131697
 
Hari ini
: 68
 
Kemarin
: 97
 
Bulan ini
: 1664
 
Tahun ini
: 15068
 
Online
: 22
 
  Video Alur Pengajuan IMB
Lihat Video >>>
 
  Halaman Lainnya
Pemerintah Kabupaten Bantul
Dinas Pendidikan Menengah dan Non Formal
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
Dinas Pendidikan Dasar
Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah
Dinas Pertanian dan Kehutanan
Dinas Kelautan dan Perikanan
Dinas Pendaftaran Penduduk
Dinas Kesehatan
Dinas Sosial
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi
Dinas Pekerjaan Umum
Dinas Peridustrian, Perdagangan dan Koperasi
Dinas Sumber Daya Air
Dinas Perhubungan
 
  Banner
 

 
   Perbaikan Perizinan

 

Berikut ini akan akan kami tampilkan Janji Perbaikan Pelayanan Perizinan yang telah ditandatangani oleh Kepala Dinas Perizinan Kabupaten Bantul, Drs. Helmi Jamharis, MM pada tanggal 21 Agustus 2009. Penandatanganan yang bertempat di Gedung Induk Komplek Parasamya itu disaksikan oleh Sekda Kabupaten Bantul, Drs. H. Gendhut Sudarto, Kd, B.Sc dan Ketua Sementara DPRD Bantul, Tustiyani, SH dan unsur terkait lainnya.

Janji itu sebagai tindak lanjut dari hasil survey pengaduan masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan perizinan. Ada 16 (enam belas) point, no urut menunjukkan urutan jumlah pengaduan responden (dari urutan terbanyak), yaitu :

1.      Untuk pengaduan Sosialisasi  syarat-syarat perizinan belum optimal/mencapai sasaran , janjinya adalah :

a.      Memperbanyak brosur tentang syarat-syarat perizinan dan menempelnya di tempat-tempat strategis

b.      Meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat secara langsung atau melalui media cetak dan elektronik

c.       Mengusulkan anggaran sosialisasi di APBD.

 

2.      Untuk pengaduan  Kurangnya koordinasi antar petugas terkait, janjinya adalah :

a.      Mengadakan rapat koordinasi secara rutin setiap bulan

 

3.      Untuk pengaduan  Penetapan retribusi tidak sesuai dengan keadaan/kondisi di lapangan, janjinya adalah :

a.      Melakukan koordinasi di lapangan antara petugas apangan dengan pemohon (IMB dan Izin Gangguan) untuk menetapkan retribusi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

b.      Menyempurnakan sistem informasi penetapan retribusi

 

4.      Untuk pengaduan  Banko/format  persyaratan perizinan belum tersedia di kecamatan , janjinya adalah :

a.      Mengusulkan tambahan dana untuk mencetak blanko

b.      Mendistribusikan blanko ke kecamatan

 

5.      Untuk pengaduan  Ruang tunggu belum nyaman , janjinya adalah :

a.      Mengoptimalkan pentaan ruangan

b.      Mengajukan anggaran untuk kelengkapan fasilitas ruang tunggu.

 

6.      Untuk pengaduan  Bahasa dan format pengisian formulir perizinan terlalu rumit (tidak ada contoh pengisian formulir), janjinya adalah :

a.      Menyusun petunjuk pengisian

b.      Menyususn formulir menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah di mengerti dengan melibatkan instansi terkait

c.       Mensosialisasikan pengisian formulir

 

7.      Untuk pengaduan  Tim survey lapangan tidak memberitahukan informasi mengenai pembatalan/perubahan jadual cek lokasi, janjinya adalah :

a.      Meminta pemohon supaya mencantumkan nomor telepon kantor/pribadi, alamat

yang jelas dan denah lokasi

b.      Meningkatkan komunikasi antara petugas dengan pemohon

 

8.      Untuk pengaduan  Pengurusan izin lebih cepat jika dititipkan pada PNS/calo/biro jasa daripada diurus sendiri , janjinya adalah :

a.      Membuat Standar Operasional Prosedur Perizinan

b.      Menindak tegas  PNS yang menjadi calo.

 

9.      Untuk pengaduan  Tidak ada jaminan perlindungan hokum bagi pengusaha yang mempunyai izin dibandingkan denganpengusaha yang tidak berizin , janjinya adalah :

a.      Membuat telaahan staf tentang perubahan Perda Perizinan

b.      Melakukan sosialisasi tentang Perda Perizinan

 

10.   Untuk pengaduan  Kedatangan petugas lapangan untuk pengecekan lokasi sering tidak tepat waktu , janjinya adalah :

a.      Melakukan pengecekan lokasi seusai jadual

 

11.  Untuk pengaduan  Informasi keberadaan berkas perizinan kurang jelas , janjinya adalah a.  Melakukan koordinasi dan evaluasi rutin setiap seminggu sekali

b.      Mengadakan rekapitulasi harian status pengurusan izin pada BIdang Pendataan dan Penetapan

 

12.   Untuk pengaduan  Waktu penyelesaian perizinan tidak sesuai dengan waktu penyelesaian yang ditetapkan di dalam Perda, janjinya adalah :

a.      Memberikan informasi batas waktu penyelesaian kepada pemohon

 

13.  Untuk pengaduan  Tidak ada pengawasan pasca izin diterbitkan , janjinya adalah :

a.      Melakukan koordinasi dengan dinas terkait

b.      Memberikan salinan sertifikat izinyang dikeluarkan kepada instansi terkait untuk bahan pengawasan pengendalian secara rutin

 

14.   Untuk pengaduan  Alur pengurusan perizinan kurang transparan /tidak jelas , janjinya adalah :

a.      Membuat poster bagan alur pengurusan perizinan yang diletakkan di tempat yang strategis

 

15.  Untuk pengaduan  Biaya pengurusan perizinan mahal , janjinya adalah :

a.      Melakukan sosialisasi mengenai prosedur perizinan

b.      Memasang poster himbauan untuk mengurus izin sendiri

 

16.   Untuk pengaduan  Dalam pengurusan izin masih ada praktik pengistimewaan keluarga pejabat/pejabatnya , janjinya adalah :

a.      Bertindak sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku

b.      Bertindak adil dan netral.

 
 
Komplek II Perkantoran Pemerintah Kab. Bantul
Jl. Lingkar Timur Manding, Trirenggo, Bantul DIY kodepos 55714
Telepon : (0274)367867 e-Mail : perijinan@bantulkab.go.id, perizinanbantul@yahoo.co.id
Copyright © Dinas Perijinan Pemerintah Kabupaten Bantul.