• komplek2
  • perijinan
  • ruang-cs
  • cs
  • antrian
  • loket-a
  • loket-b
  • loket-c
  • loket-d
Dinas Perijinan
Selamat Datang di Website Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Bantul
Senin, 21 Mei 2018
  Cek Status
No Pendaftaran
 
 
 
  Simpadu Online
  Pengaduan Online
  Simulasi Retribusi
 
  Video Alur Pengajuan IMB
<<< Lihat Video


 
  Menu Lainnya
  Forum Diskusi
  Hubungi Kami
  Download
  Berita
  Galeri
  Data
  Standar Pelayanan
 
  Halaman Lainnya
Pemerintah Kabupaten Bantul
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
Dinas Pertanian dan Kehutanan
Dinas Kelautan dan Perikanan
Dinas Kesehatan
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi
Dinas Pekerjaan Umum
Dinas Peridustrian, Perdagangan dan Koperasi
Dinas Sumber Daya Air
Dinas Perhubungan
 
  Banner
 

 
   Berita

Konsultasi Publik Penyusunan Raperda PTSP
Penulis : Admin     Rabu,9 Mei 2018
 

Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Bantul, Selasa (08/05), telah dilaksanakan acara Konsultasi Publik dalam Rangka Penyusunan Raperda Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Bantul. Mewakili Sekretaris Daerah, bapak Bambang Guritno, SH. selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan, membuka acara sekaligus memberikan pengarahan. Peserta yang diundang adalah dari 17 Kecamatan di Kab. Bantul, beberapa Desa, OPD terkait, pemohon izin/pengusaha.

Gambar : pelaksanaan acara konsultasi publik

PTSP adalah pelayanan secara terintegrasi dalam satu kesatuan proses dimulai dari tahap permohonan sampai dengan tahap penyelesaian produk pelayanan melalui satu pintu. PTSP mengamanatkan integrasi dengan pihak-pihak yang terkait dengan pelayanan publik seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, Direktorat Jenderal Pajak dll. Untuk rekomendasi tidak lagi keluarkan oleh perangkat daerah teknis terkait melainkan oleh Tim Teknis yang berada di dalam DPMPT. Raperda PTSP akan berisi tentang :

  1. Wewenang
  2. Jenis Perizinan dan NonPerizinan
  3. Pelayanan Secara Elektronik
  4. Sumber Daya Manusia
  5. Pendanaan

Konsultasi publik ini diselenggarakan untuk menyerap aspirasi dari publik pada tahap awal penyusunan Rancangan Peraturan Daerah Pelayanan Terpadu Satu Atap, demikian dijelaskan Kepala Bidang Pelayanan dan Informasi, Setyawati, S.Psi.

 

Gambar : Sambutan dari Asisten Perekonomian dan Pembangunan

Bambang  Guritno, SH. menyampaikan regulasi yang ada agar mampu mengakomodir kepentingan masyarakat. Potensi investasi yang ada di Kab. Bantul yaitu pariwisata, ekonomi kreatif, budaya, agribisnis diharapkan dapat meningkatkan PAD, dengan adanya kemudahan dan transparansi perizinan, kepastian hukum dan penyelesaian proses.

Mengapa perlu ada Peraturan Daerah tentang PTSP, karena menurut kajian teoritis, bahwa daerah dapat melakukan penyederhanaan jenis dan prosedur pelayanan publik untuk meningkatkan mutu pelayanan dan daya saing daerah yang ditetapkan dengan Peraturan Daerah (UU 23/2014). Pemerintah Kabupaten Bantul juga berkomitmen menyelenggarakan pelayanan publik khususnya di bidang pelayanan perizinan dan nonperizinan melalui pembentukan regulasi yang akan menjadi payung hukum bagi penyelenggaraan pelayanan perizinan dan nonperizinan yang terpadu, efektif dan efisien sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan pelaku usaha.

 

Gambar : Kepala Dinas PMPT menyampaikan materi

Sedangkan dari kajian empiris, adanya UU 23/2014 Tentang Pemerintahan Daerah yang ditindaklanjuti dengan PP 18/2016 Tentang Perangkat Daerah, memerlukan  penyesuaian peraturan daerah  khususnya terkait kelembagaan  penyelenggaraan PTSP. Permasalahan berikutnya adalah belum ada Peraturan/Kebijakan terkait dengan Penyelenggaraan Penanaman Modal dan Perizinan di Kabupaten Bantul dalam  bentuk  satu  kesatuan  produk  hukum/kodifikasi yang  secara  komprehensif  mengatur  materi/muatan  mengenai prosedur dan mekanisme penanaman modal. Demikian dijelaskan Kepala DPMPT Kab. Bantul, Ir. Sri Muryuwantini, MM.

 

Gambar : penyampaian materi dari Kanwil Kumham RI Prov DIY

Sementara itu Heribertus Andri Ariaji, SH. dari Kanwil Kumham RI Prov. DIY, menyebutkan bahwa penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu pada saat ini dapat disebut sebagai sebuah Revolusi Pelayanan Publik, di mana Pemerintah melakukan tugas fungsinya terkoordinasi lebih baik, rapi, teratur, disiplin, tepat biaya, tepat waktu, tepat sarana prasarana, tepat keahlian, arsip yang baik, dan mengutamakan terwujudnya pelayanan prima dalam sebuah sistem yang selalu diperbarui.

Pada sesi akhir acara diisi dengan tanggapan dan pertanyaan dari peserta yang kemudian dijawab oleh narasumber, Dinas PMPT maupun OPD terkait, sekaligus sebagai bahan masukan penyusunan Raperda PTSP (pm)

Komentar: (0)




 
Komplek II Perkantoran Pemerintah Kab. Bantul
Jl. Lingkar Timur Manding, Trirenggo, Bantul DIY kodepos 55714
Telepon : (0274)367867 e-Mail : dpmpt@bantulkab.go.id
Copyright © Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Pemerintah Kabupaten Bantul.