• komplek2
  • perijinan
  • ruang-cs
  • cs
  • antrian
  • loket-a
  • loket-b
  • loket-c
  • loket-d
Dinas Perijinan
Selamat Datang di Website Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Bantul
Senin, 21 Mei 2018
  Cek Status
No Pendaftaran
 
 
 
  Simpadu Online
  Pengaduan Online
  Simulasi Retribusi
 
  Video Alur Pengajuan IMB
<<< Lihat Video


 
  Menu Lainnya
  Forum Diskusi
  Hubungi Kami
  Download
  Berita
  Galeri
  Data
  Standar Pelayanan
 
  Halaman Lainnya
Pemerintah Kabupaten Bantul
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
Dinas Pertanian dan Kehutanan
Dinas Kelautan dan Perikanan
Dinas Kesehatan
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi
Dinas Pekerjaan Umum
Dinas Peridustrian, Perdagangan dan Koperasi
Dinas Sumber Daya Air
Dinas Perhubungan
 
  Banner
 

 
   Berita

Penanganan Pengaduan Diulas oleh DPMPT Kab. Bantul dalam Lokakarya
Penulis : Admin     Rabu,25 April 2018
 

Untuk meningkatkan layanan pengaduan dan pemahaman lingkup layanan pengaduan perizinan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kab. bantul Dibuka oleh Wakil Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih, Lokakarya Penanganan Pengaduan Tahun 2018 telah diselenggarakan pada Selasa (24/04) di Gedung Induk Lantai 3 Sayap Barat Kompleks Parasamya Pemda Bantul, bertujuan Lokakarya diikuti OPD di Kabupaten Bantul yang terkait dengan pelayanan perizinan, unsur pelayanan dari Kecamatan dan Desa, serta sejumlah pengusaha di Kabupaten Bantul.

 

Gambar 1. Bpak Wakil Bupati Bantul memberikan pengarahan

H. Abdul Halim Muslih dalam pengarahannya mengharapkan dengan adanya Lokakarya Penanganan Pengaduan, dapat memperbaiki pelayanan publik terkait perizinan di Kab. Bantul karena publik menuntut pelayanan yang lebih mudah, cepat dan pasti. Dari lokakarya ini dapat dievaluasi kekurangan pada pelayanan perizinan serta sebagai masukan strategis dalam memperbaiki semua lini di Dinas PMPT. Pada akhirnya, dampak positif dari percepatan pengurusan perizinan akan mempengaruhi kemajuan dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat Bantul. Sebagaimana dinyatakan dalam Misi Pemerintah Kab. Bantul 2016-2020, Dinas PMPT merupakan salah satu OPD andalan Kab. Bantul yang mengampu Misi pertama : Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, efisien dan bebas KKN melalui percepatan reformasi birokrasi, dan Misi ketiga : Meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Gambar 2. Kepala Dinas PMPT menyampaikan materi

Dalam materinya “DPMPT Kab. Bantul menuju Perizinan On Line”, Kepala DPMPT Kab. Bantul, Ir. Sri Muryuwantini, MM. menyatakan pada tahun 2017 sudah disusun SIM perizinan online yang akan lebih mudah termasuk dalam hal pengelolaan data. Pada April 2018 dilakukan uji coba dan direncanakan pada bulan Juli sudah secara online dan pembayaran retribusi lewat ATM BPD DIY. Adapun masyarakat yang belum familiar dengan sistem online masih dilayani dengan dibimbing. Meskipun sudah online, proses perizinan tetap ada misalnya bila diperlukan maka akan tetap dilakukan survei lapangan. Nantinya izin bisa dicetak sendiri oleh pemohon yang memuat QR code berisi tandatangan digital atau bila menginginkan yang disertai tandatangan manual dengan cap basah bisa meminta ke DPMPT untuk dicetak. Mulai 16 April 2018, atas perintah Bupati Bantul, DPMPT mulai memberikan pelayanan satu pintu, namun masih dalam proses peralihan. Beberapa tim teknis dari OPD teknis terkait sudah berkantor di DPMPT, sehingga untuk pemohon izin yang memerlukan konsultasi terkait persyaratan izin dapat langsung dilayani di tempat.

 

Gambar 3. Penyampaian materi dari Kemenkumham RI kanwil DIY

Sementara itu Farid Ario Yulianto, Perancang Perundang-Undangan Pertama dari Kemenkumham RI Kanwil DIY, menyampaikan jika kondisi regulasi yang tidak konsisten, multi tafsir dapat berdampak antara lain pada daya saing ekonomi rendah serta menurunnya minat investor untuk berinvestasi. Dijelaskan pula bahwa dalam pembentukan penyusunan Peraturan Perundang-Undangan melalui tahapan Perencanaan, Penyusunan, Pembahasan, Pengesahan, Penetapan dan Pengundangan.

 

Gambar 4. Narasumber dari Ombudsman RI Perwakilan DIY

Dalam merespons pengaduan sebaiknya perlu mengurangi kesenjangan antara harapan dengan kemampuan melayani, melibatkan partisipasi pengguna layanan dalam menyusun standar pelayanan, merubah pola pikir dan pola budaya terhadap pengaduan serta mengelola pengaduan sebagai input perbaikan. Perlu dikenai pula karakteristik pihak pengadu apakah kooperatif atau tidak kooperatif agar tepat dalam melayani, demikian diulas Kepala Ombudsman RI Perwakilan DIY, Budhi Masthuri, SH.

 

Gambar 4. Paparan dari Satpol PP Kab. Bantul

Sunarto, S.Sos.., Kasi Ketertiban Umum Satuan Polisi Pamong Praja menyampaikan ruang lingkup Satpol PP adalah melakukan pengarahan kepada masyarakat dan badan hukum yang melanggar Peraturan daerah; melakukan pembinaan dan atau sosialisasi kepada masyarakat dan badan Hukum, serta penindakan non yustisial. Dicontohkan kasus yang ditangani oleh Satpol PP selama ini berkaitan dengan penegakan Perda dan Menjaga Ketertiban Umum.

 

Gambar 5. Kepala Bidang Pengaduan dan Pengawasan perizinan menyampaikan materi lokakarya

Kepala Bidang Pengaduan dan Pengawasan Perizinan, Ir. Priya Hariyanta, MMA. menyampaikan pokok-pokok permasalahan di masyarakat terkait pengaduan yang masuk dan cara mengelola pengaduan yang masuk selama ini di DInas PMPT. Dari berbagai pengaduan yang ada terdapat berbagai jenis pengaduan yang sebenarnya bukan kewenangan Dinas PMP. Perihal kasus pengaduan yang masuk, setiap sebulan sekali diadakan paparan kepada seluruh OPD terkait. DPMPT telah menyediakan beberapa sarana pengaduan baik langsung (datang ke DPMPT), maupun tidak langsung (via surat, email, telfon, SMS dan Online). (pm)

 

Komentar: (0)




 
Komplek II Perkantoran Pemerintah Kab. Bantul
Jl. Lingkar Timur Manding, Trirenggo, Bantul DIY kodepos 55714
Telepon : (0274)367867 e-Mail : dpmpt@bantulkab.go.id
Copyright © Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Pemerintah Kabupaten Bantul.